Sabtu , Juli 20 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Utara / Berburu Jabatan Kades di Tana Tidung

Berburu Jabatan Kades di Tana Tidung

 

Kantor_Kepala_Desa_BebatuTIDUNG PALA – Jabatan Kepala Desa (Kades) nampaknya menggiurkan sebagian orang untuk mendapatkannya. Tidak heran rata-rata Kepala Desa (Kades) yang sebelumnya menjabat sebagai Kades kembali mencalonkan dirinya menjadi Kades pada periode mendatang.

Berdasarkan informasi, Kades Tideng Pale, Bhakti A, Kades Tideng Pale Timur, Hamdani dan Kades Seputuk, Yaluk diperkirakan akan mencalonkan diri kembali. Pelaksana Tugas (Plt) Kades di sejumlah desa juga ikut bertarung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diperkirakan akan dilaksanakan pada Agustus hingga September 2014 mendatang di 29 desa di lima Kecamatan Tana Tidung.

Diketahui untuk insentif atau gaji Kades saat ini sudah mencapai Rp2,5 juta, dan belum termasuk yang diperolehnya melalui kegiatan-kegiatan lainnya. Ditambah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung merencanakan akan menaikkan insentif para aparat desa termasuk Kades.

“Saat ini, hampir semua desa sedang mempersiapkan panitia Pilkades. Sudah ada yang buka pendaftaran, dan sudah banyak calon Kades yang mendaftar,” sebut Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), H Ismail.

Sejatinya, ia menilai ada sejumlah Kades yang sebelumnya menjabat pada Pilkades nantinya mencalonkan diri kembali, karena memungkinkan jabatan Kades ini cukup menggiurkan. Kades memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat dan pemerintahan.

“Yang penting, siapapun yang menjadi Kades nantinya dapat membawa amanah masyarakat dan bukan menggunakan jabatan untuk kepentingan pribadi dan keluarga semata, karena pembangunan di Tana Tidung diawali melalui pembangunan desanya. Sudah selayaknya, Kades nanti dapat menjadi perwakilan aspirasi masyarakat desa,” paparnya.

Untuk Pilkades ini bahkan ada calon kades yang sudah memasang spanduk untuk memberi pengenalan diri kepada masyarakat. Seperti, Calon Kades di Desa Tideng Pale yakni Benyamin yang notabene aparat desa di Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kades Tideng Pale sebelumnya, Bhakti A, dan Anggota Kesatuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Riahadi. Sementara itu, Desa Seputuk ada Kades sebelumnya, Yaluk yang mencalonkan diri kembali, Ayen dan Yohannes yang merupakan tokoh masyarakat setempat.

Sedangkan Calon dari Desa Tideng Pale Timur, Mikhael Loyak (Tokoh Masyarakat) sudah memasang spanduk di Jalan Manunggal Desa Tideng Pale Timur, Bakri (Pengusaha), Kades sebelumnya, Hamdani, Hanafiah (Anggota DPRD Tana Tidung) Pergantian Antar Waktu (PAW) Periode 2013 – 2014 ini. Selanjutnya, Supranoto (Pengusaha), Mukhlis yaitu Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tideng Pale Timur. Sebelumnya, Junaidi (Ketua RT 1) mundur dari pencalonan karena lebih mendukung saudaranya yaitu, Mukhlis untuk mencalonkan diri.

“Saya batal maju. Pertama, tidak akan lolos administrasi karena tiga bulan sebelum pencalonan sudah harus mundur. Kedua, saudara atau adik kandung saya, yaitu Mukhlis ikut mencalonkan diri. Saya pasti mendukungnya. Yang penting, siapa saja yang dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik di Desa Tideng Pale Timur ini,” terang Junaidi, calon Kades sebelumnya.

2,691 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa