Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / DKPP Siapkan Dana Rp1 Miliyar

DKPP Siapkan Dana Rp1 Miliyar

 

index

Masyarakat Kota Beriman yang rutin mengunjungi Taman Tiga Generasi di Jl Ruhui Rahayu, Kelurahan Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan dipastikan akan semakin nyaman. Bukan karena fasilitas yang ada di zona A berupa jalur refleksi dan air mancur serta di zona C yang dilengkapi sarana permainan anak maupun gazebo sebagai tempat bersantai keluarga saja.

Pemkot melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) kembali akan melengkapi fasilitas di Taman Tiga Generasi dengan segera membangun fasilitas di zona B. Tak tanggung-tanggung, untuk membangun zona yang berada di tengah-tengah taman, anggaran yang dialokasikan dari APBD Kota Balikpapan cukup besar.

“Lelangnya sudah selesai, pemenangnya juga sudah diketahui. Minggu depan, pembangunan zona B Taman Tiga Generasi akan dikerjakan,” kata Kepala DKPP Balikpapan Robi Ruswanto S.Sos didampingi Kabid Pertamanan dan Pemakaman, Hairul Ilmi kepada wartawan, Selasa (3/6) kemarin.

Dia menjelaskan, pembangunan fasilitas zona B murni menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan. Nilainya sekitar Rp1 miliar lebih. Dengan dana sebanyak itu, kontraktor pemenang lelang akan membangun fasilitas penunjang taman, seperti bangunan kantor, gudang, pojok laktasi (ruang ibu menyusui), toilet, drainase hingga pos jaga.

Sementara khusus pos jaga akan dibangun di pojok pintu masuk zona A (taman lansia). “Kan selama ini, belum ada fasilitas penunjangnya. Di zona B ini, kita (DKPP) lengkapi semua. Termasuk pos jaga, toilet, ruang menyusui hingga pos jaganya,” jelas Robi.

Sementara Kabid Hairil Ilmi menambahkan, untuk pekerjaan awal akan dilakukan pengurukan untuk proses pemadatan tanah. Selain fasilitas penunjang bagi pengunjung Taman Tiga Generasi, DKPP juga akan memasang lampu solar cells. Lampu yang disuplai listriknya dari mengonversikan tenaga matahari.

“Ada dua unit lampu solar cells yang akan kita pasang. Lampu ini karena ramah lingkungan dan hemat energi karena memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber daya,” bebernya. Kapan target selesai zona B ini? Ditanya demikian, Hairil menjelaskan sesuai dengan kontrak akan dikerjakan selama 5 bulan kedepan. “Sebelum tutup selesai, sekitar bulan November,” pungkasnya. [] RedFj/BP

1,352 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

About Nursiah Nursiah

Nursiah Nursiah
Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa