Sabtu , Juli 20 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Hari Ini, Kampanye Pilpres Dimulai

Hari Ini, Kampanye Pilpres Dimulai

 

index

Pendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa  serta Joko Widodo-Jusuf Kalla mulai mengambil hati masyarakat. Berdasarkan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), kampanye kedua pasangan resmi dimulai pada Rabu (4/6) hari ini sampai 5 Juli mendatang. Masing-masing pasangan capres cawapres ini telah memiliki tim pemenangan dan pendukung yang siap memenangkan pemilu yang digelar pada 9 Juli nanti. Termasuk di daerah.

“Kami (Gerindra) bersama partai pendukung yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih telah siap memenangkan Pak Prabowo dan Pak Hatta sebagai pasangan capres dan cawapres,” ujar Ketua DPC Partai Gerindra Kota Balikpapan, Ruslan Aliansyah kepada wartawan lewat ponselnya, Selasa (3/6) kemarin.

Menurut Ruslan, partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, PKB, PBB,PPP dan Golkar. Berdasarkan hasil rapat kemarin malam, mereka siap memenangkan pasangan Prabowo-Hatta di Kota Minyak ini melalui mesin partai masing-masing. “Pokoknya kami dari partai Koalisi Merah Putih siap memenangkan Pak Prabowo 9 Juli nanti,” ujar pemilih Hotel Sagita yang berada di kawasan Gunung Malang ini.

Ruslan menambahkan, pasangan Prabowo-Hatta ini juga mendapat dukungan dari Tunas Indonesia Raya (TIDAR) ormas sayap Partai Gerindra yang telah membentuk Sahabat Prabowo Balikpapan di bawah pimpinan Muhammad Taqwa. Sejumlah elemen lain juga diperkirakan bertahap mendeklarasikan dukungannya pada mantan Danjen Kopassus tersebut.

Apakah akan melakukan kampanye terbuka? Ditanya begitu Ruslan mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan sejumlah partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih. “Kami sedang pikirkan untuk kedatangan Pak Prabowo di Balikpapan,” tuturnya.

Di Balikpapan, Koalisi Merah Putih menargetkan suara antara 60 hingga 70 persen. Selain suara partai pada pileg lalu, hitungan itu juga berdasarkan antusias warga terhadap pasangan Prabowo-Hatta yang terus meningkat.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan Thohari Aziz yang didapuk sebagai ketua tim pemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla wilayah Balikpapan. Tohari mengatakan, partai pendukung yang siap tempur adalah PDI Perjuangan, NasDem, PKB, Hanura dan PKPI yang tergabung dalam Pro Jokowi (Projo) akan berjuang semaksimal mungkin untuk memenangkannya.

“Pokoknya kami sudah siap memenangkan Pak Jokowi dan Pak JK,” tandas Thohari kepada Balikpapan Pos lewat ponselnya kemarin. Dia menjelaskan, selain Projo, relawan yang memberikan dukungan yakni Gema JKWJK, Seknas, Pos Raya, Rejo, Sahabat Jokowi, ReDI serta Pejuang Kemenangan Rakyat. “Kami juga telah menyiapkan sekretariat tim pemenangan di setiap kecamatan. Sedangkan untuk kampanye terbuka kami sedang bicarakan dengan partai pendukung,” pungkasnya.

Dalam rarapat tim pemenangan bersama partai koalisi, Tohari juga sempat menyebut menargetkan suara berkaca pada hasil pileg lalu, gabungan dari suara-suara partai koalisi. Selain itu, dia juga menyasar hampir 30 persen suara dari masyarakat yang memilih dalam barisan golongan putih alias golput.

“Sebanyak 20 sampai mendekati 30 persen ‘kan suara di Balikpapan golput, nah pada pilpres ini kita usahakan mereka akan memilih. Tepi memilihnya Pak Jokowi dan JK,” terang Tohari Azis sembari menyebut, ada kemungkinan cawapres JK akan hadir di kampanye terbuka di Balikpapan. [] RedFj/BP

1,802 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa