Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Jurnalis RT Sipa Digelar di Rumah Jabatan

Jurnalis RT Sipa Digelar di Rumah Jabatan

 

img031020131006331Program jurnalis RT kerja sama Balikpapan Pos dan Pemkot Balikpapan melalui Bagian Humas Pemkot Balikpapan, sudah direncanakan sejak 2012 lalu. Puluhan Ketua RT antusias mendaftar untuk mendapatkan pelatihan seputar dunia jurnalistik. Program tersebut siap digelar di  rumah jabatan Wali Kota Balikpapan di Jl Syarifuddin Yoes.

Jajaran redaksi wartawan yang dikomandani Pimred Yudhianto SSt bersama Redpel Edi Adha, Redaktur Suyono SE, Nur Indrianti ST, Rudi dan wartawan Rayi Endah Pramesti, bertemu Kabag Humas Sudirman Djayaleksana untuk mematangkan jurnalis RT.

Sudirman didampingi stafnya Novita dan Mettalia mengatakan, program jurnalis RT adalah  kegiatan yang sangat bagus karena bisa mendorong para Ketua RT lebih peduli di lingkungan. Di mana ketua RT bisa menuangkan kepedulian lingkungan melalaui tulisan jurnalistik, terutama mengenai kegiatam pembangunan di lingkungannya.

“Ke depan, para Ketua RT bisa aktif menulis mengenai kegiatan-kegiatan yang positif di lingkungannya,” ujar Sudirman. Yudhianto menambahkan, setelah digelar jurnalis RT, para peserta akan mendapatkan pendampingan dari tim. Bahkan, bakal digelar lomba jurnalis di kalangan RT.

Dalam acara nanti, sekaligus dibentuk dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya. KIM  sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik, sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat dibidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok.

KIM dibentuk untuk menemukan masalah bersama mengenai diskusi anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama dan mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

“KIM dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (K I P). Sebagaimana tertuang pada pasal 17, hal ini tentunya sejalan dengan salah satu pilar informasi , yaitu Transparansi menuju Clean Government dan Good Governance. Insya Allah nanti akan dibuka Pak Wali Kota. Para peserta jurnalis RT akan mendapatkan bantuan papan yang bisa digunakan untuk madding RT,” pungkas Sudirman. [] RedFj/BP

963 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About Nursiah Nursiah

Nursiah Nursiah
Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa