Breaking News
Home / Internasional / Menlu AS Nekat Terbang ke Israel

Menlu AS Nekat Terbang ke Israel

 

John Kerry di Mendarat di Bandara Int Tel AvivISRAEL – Di tengah larangan terbang bagi maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) oleh pemerintah negara adidaya itu ke Bandara Internasional Ben Gurion di Tel Aviv, Israel, Menteri Luar Negeri (Menlu) AS John Kerry justru nekat terbang dan mendarat di bandara tersebut. Mungkin pesawat yang ditumpanginya sudah anti rudal Hamas.

Larangan diberlakukan setelah sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza mendarat di dekat Bandar Udara Ben Gurion di Tel Aviv. Benjamin Netanyahu sebelumnya meminta John Kerry mencabut larangan maskapai penerbangan Amerika menggunakan bandar udara di Tel Aviv. Langkah Amerika ini kemudian membuat maskapai-maskapai dari sejumlah negara menghentikan sementara penerbangan ke kota tersebut.

Israel mengatakan larangan ini memberikan Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza kemenangan propaganda yang seharusnya tidak diberikan. Kunjungan Kerry ke Israel pada Rabu (23/07) diadakan ketika upaya merundingkan gencatan senjata antara Israel dan Gaza berlanjut.

Menteri luar negeri Amerika dijadwalkan mengadakan perundingan dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Kerry, Netanyahu dan Ban Ki-Moon mendorong Hamas menerima garis besar kesepakatan yang dirancang oleh Mesir, tetapi Mahmoud Abbas telah menyepakati tuntutan yang diajukan oleh Hamas.  Hamas menuntut jaminan agar blokade wilayah oleh Israel dan Mesir dicabut. [] BBC

1,305 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About adminredaksi

adminredaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa