Sabtu , Juli 20 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Oprasi Simpatik Terus di Geber

Oprasi Simpatik Terus di Geber

 

241113-Operasi-Lalu-Lintas-terus-digalakkan-di-Boyolali-400x260

Razia dalam rangka Operasi Simpatik 2014 terus digeber. Razia kembali digelar di depan Gedung Nasional, Klandasan, Senin (2/6) sore kemarin yang merupakan ke-14 dalam operasi simpatik. Dalam razia, seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan angkutan kota (angkot) yang tidak melakukan safety riding, langsung diarahkan masuk ke halaman gedung Nasional, kemudian dilakukan pemeriksaan.

“Ini memasuki hari ke-14 Operasi Simpatik tahun 2014, tujuan kita melakukan razia ini untuk masyarakat taat lalu lintas,” ujar Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Novy Magdalena kepada wartawan di sela razia.

Razia digelar mulai pukul 15.00 Wita, terlihat ratusan sepeda motor dan mobil dilakukan pemeriksaan. Kendaraan yang tidak melengkapi surat-surat seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) langsung di tilang, begitu juga kendaraan yang bermuatan lebih dan membahayakan kendaraan lain juga langsung di tilang. Namun jika pelanggaran mereka hanya safety riding seperti tidak menyalakan lampu pada siang hari, tidak menggunkan safety belt, pengendara hanya dikenakan teguran secara tertulis.

“Pelanggaran safety riding, serta tidak menyalakan lampu di siang hari, tidak safety riding kita tegur secara tertulis,” kata Novy. Dari Pantauan wartawan, masih adanya pelajar di bawah umur yang mengndarai sepeda motor, tak ayal dirinya langsung ditilang oleh petugas. “Saya mau pulang kerumah, masih sekolah SMP,” kata siswi yang masih berseragam sekolah ini.

Selain itu ada kendaraan pikap yang juga ditilang, bukan karena tidak memiliki surat-surat, tetapi muatan yang dibawanya berlebihan dan sangat membahayakan pengendara lainnya. Untuk hasilnya, razia yang digelar hari ini sebanyak 150 pengendara mendapat teguran tertulis dan 4 pengendara ditilang.

Operasi Simpatik sendiri digelar selama 21 hari, terhitung dari tanggal 19 Mei hingga 8 Juni 2014 dan lokasinya akan berpindah-pindah. Oleh sebab itu masyarakat Balikpapan diimbau untuk melengkapi surat-surat berkendaran serta tertib berlalu lintas saat berkendara. [] RedFj/BP

1,017 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa