Sabtu , Juli 20 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Pulau Gusung Masuk Titik Pantsu

Pulau Gusung Masuk Titik Pantsu

 

Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) Pos Penajam bakal menambah pos penjagaan. Pos pengamanan tersebut rencananya akan dibangun di pantai Tanjung Jumlai, Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU).

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan laut dari berbagai kejahatan. Karena, sering terjadi pencurian pasir di Pulau Gusung. “Kita rencana membangun pos penjagaan di Tanjung Jumlai, bertujuan untuk meningkatkan keamanan laut,” ujar Komandan TNI AL Pos Penajam, Pelda Sunari, Minggu (1/6) kemarin.

Tanjung Jumlai, salah satu titik terdekat untuk memantau Pulau Gusung. Sunari menerangkan bahwa Pulau Gusung memiliki eksotis tersendiri sehingga banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut. Karena Pulau Gusung terdiri dari 4 gugusan pasir atau lebih dikenal dengan sebutan Gusung. Selain memiliki 56 jenis karang, di Pulau Gusung juga terdapat 47 jenis ikan, baik ikan untuk konsumsi maupun ikan hias.

“Pulau Gusung masuk dalam titik pantauan kita, agar biota laut di sana (Pulau Gusung,Red.) tetap lestari dan dapat terhindar dari tangan-tangan jahil,’ terangnya. Ia menuturkan, untuk menjaga lingkungan baik itu didarat maupun di wilayah perairan seperti laut menjadi tanggung jawab semua unsure masyarakat. “Kami terus berupaya untuk meningkatkan keamanan laut. Dan masyarakat Tanjung Jumalai juga sangat merespon rencana kami untuk membangun Pos di wilayah mereka,” tandasnya.

Dengan lugas, ia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat khususnya nelayan untuk tetap menjaga keamanan laut. Sunari juga melarang keras penggunaan alat tangkap ikan yang dapat merusak biota laut lainnya. “Saya menghimbau kepada warga pesisir terutama para nelayan, agar tidak melakukan pengeboman di laut sebagai jalan pintas untuk menangkap ikan. Karena tindakan itu, dapat merusak terumbu karang dan benih-benih ikan lainnya,” imbuh Sunari. [] RedFj/BP

1,206 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa