Sabtu , Juli 20 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Banjarmasin / Rem Tangan Sampai Kaki Wajib Oke

Rem Tangan Sampai Kaki Wajib Oke

 

imagesRamadan sebentar lagi. Dishubkominfo pun jauh-jauh hari sudah bersiap diri menghadapi arus mudik Lebaran. Demi keselamatan penumpang, pertengahan Juni nanti seluruh angkutan penumpang baik jurusan antarkota, desa dan provinsi akan diperiksa secara menyeluruh.

“Dari ban, setir, pemecah kaca, rem tangan sampai rem kaki akan kami cek. Semua angkutan wajib layak jalan,” kata Kepala UPTD Terminal Induk Dishubkominfo Kota Banjarmasin, Yusuf Riduan, Selasa (3/6) di ruang kerjanya.

Tak hanya kesiapan fisik angkutan, fisik sopir dan kenek pun akan dicek. “Bentuknya tes urine. Kami tidak ingin ada kecelakaan karena faktor human error yang sebenarnya bisa dihindari,” imbuhnya.  Sopir dan kenek pun akan mengikuti penyuluhan khusus. Disadarinya, cukup banyak sopir dan kenek yang terhitung baru. “Mereka pasti kurang pengalaman menghadapi arus mudik yang luar biasa padat,” ujarnya.

Pemeriksaan angkutan dan sopir akan terus diintensifkan hingga H-7 jelang Idulfitri. “Sampai H+7 pun kami akan terus bekerja memantau arus mudik,” tambahnya. Dalam persiapan arus mudik ini, Dishubkominfo akan bekerja sama dengan Bidang Rekaya Lalu Lintas Polda Kalsel.

Sementara Terminal Km 6 yang sedang menjalani rehab total akan dibersihkan. Warung-warung kaki lima di dalam terminal yang menganggu arus keluar-masuk angkutan akan dipindahkan.  “Tidak digusur, cuma ditertibkan. Mereka toh mencari sesuap nasi. Beda kalau misalnya tak mau diatur, baru bisa dikerasin,” pungkasnya. [] RedFj/Rb

1,031 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa