Rabu , Agustus 21 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Utara / Bulungan / Tambah Rambu dan Traffic Light

Tambah Rambu dan Traffic Light

 

ir-sensor_f

Seiring dengan laju pertambahan kendaraan dan pembukaan akses jalan-jalan baru dalam wilayah Kota Tanjung Redeb hingga ke wilayah kecamatan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Berau akan menambah sejumlah rambu-rambu pada tahun ini. Langkah ini sebagai upaya untuk melengkapi sarana dan prasarana keselamatan lalu lintas.

Di samping itu, juga dilakukan penambahan terhadap perlengkapan jalan lainnya seperti lampu lalu lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau traffic light. Saat ini di wilayah Kota Tanjung Redeb tercatat sudah ada 10 traffic light, termasuk yang berada di wilayah Kecamatan Teluk Bayur. Kepala Dishubkominfo Fahmi Rizani mengungkapkan penambahan rambu tersebut akan dipasang di tempat yang dianggap rawan kecelakaan, tersebar hingga ke kecamatan.

Penambahan rambu baru ini diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. “Ya kita memang ada rencana menambah beberapa rambu lalu lintas, termasuk marka jalan,” ungkapnya. Penambahan rambu ini, dijelaskan Fahmi, sangat penting karena masih banyak ruas-ruas jalan yang membutuhkan rambu agar masyarakat mendapat informasi dan memahami kondisi jalan yang ada.

Termasuk jalan-jalan poros penghubung kecamatan yang menurutnya juga harus mendapat perhatian dalam pemberian tanda-tanda lalu lintas. “Jadi tidak hanya di dalam kota aja. Kita juga inventarisasi hingga kecamatan, yang perlu dipasangi rambu, ya kita pasang sesuai dengan ketentuan yang ada,” tegasnya. Sementara untuk lampu lalu lintas atau traffic light, dikatakan Fahmi, untuk tahun ini akan ditambah lagi dua unit untuk dalam kota.

Yaitu di persimpangan Jalan Pemuda dan Jalan Mangga I, serta persimpangan Jalan Pemuda dengan Jalan Pulau Panjang. Kedua lokasi ini merupakan persimpangan yang cukup padat. Hanya saja nantinya penerapan tidak langsung memfungsikan lampu merah. “Nanti yang dihidupkan lampu kuningnya saja dulu, sebagai peringatan kepada pengendara untuk berhati-hati saat melintasi persimpangan yang padat lalu lintas ini,” jelasnya.

Selain menambah rambu dan traffic light baru, jajaran Dishubkominfo juga secara rutin melakukan perawatan kepada rambu yang ada. Tidak hanya rambu berupa traffic light yang harus mendapat perawatan. Namun rambu-rambu biasa yang ada di sepanjang jalan juga harus selalu terawat. “Rambu yang ada kita rawat dengan kegiatan pemeliharaan rutin yang memang harus ditangani personel yang ahli dalam perawatan rambu, khususnya traffic light,” tandasnya. [] RedFj/KP

1,574 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa